VPS terbaik merupakan solusi bagi website dengan volume traffic tinggi per harinya. VPS memiliki resource yang lebih besar dibanding shared hosting sehingga dapat memenuhi kebutuhan resource tinggi website dan blog Anda.

Ketika Anda mendapati load time blog Anda mulai lambat atau bahkan tidak bisa diakses sama sekali, maka hal tersebut menunjukkan bahwa blog Anda sudah membutuhkan layanan VPS.

Daftar Layanan VPS Terbaik

Berikut daftar layanan Virtual Private Server terbaik Indonesia rekomendasi kami.

1. Hostinger2. Ardetamedia2. DomaiNesia
Mulai Rp 57.699 (RAM 1GB / Disk 20GB)Mulai Rp 400.000 (RAM 2GB / Disk 20GB)Mulai Rp 100.000(RAM 512MB / Disk 10GB)
Cek DetailCek DetailCek Detail

Pengertian VPS

Sebelum menggunakan VPS, ada baiknya Anda pahami dulu apa itu VPS dari segi definisi.

VPS (Virtual Private Server) merupakan sebuah teknologi server side yang berkaitan dengan perangkat lunak dan sistem operasi (OS) dimana hal ini mampu membagi sebuah mesin berkapasitas besar menjadi beberapa virtual mesin.

Jika Anda masih bingung, Anda dapat melihat skema bagaimana VPS itu dibuat seperti diilustrasikan gambar dibawah ini.

ilustrasi vps yang menggambarkan kerangka suatu VPS

Berdasarkan gambar ilustrasi diatas dapat dilihat bahwa pada tiap-tiap virtual mesin yang dibuat dapat melayani sistem perangkat lunak dan juga sistem operasi dengan konfigurasi resource (Disk, CPU, RAM, Network) sesuai yang ditentukan.

Pada umumnya VPS sering digunakan untuk software yang berjalan selama 24 jam non-stop, website, cloud computing, dan lain sebagainya.

Fungsi VPS

Selain digunakan sebagai web hosting, VPS juga bisa digunakan untuk keperluan lainnya, diantaranya sebagai berikut:

  1. Web Hosting; Salah satu penggunaan VPS yang populer adalah untuk keperluan web hosting. Virtual Private Server sangat tepat untuk website level menengah keatas atau website perusahaan, dimana aplikasi membutuhkan konfigurasi yang spesifik dan hanya bisa dilakukan oleh Superuser. Penggunaan ini juga cocok untuk memulai bisnis web hosting dengan anggaran yang terbatas namun dengan layanan yang berkualitas.
  2. Backup Server; Kebutuhan backup server untuk menjamin layanan selalu berjalan normal adalah sangat penting. Backup server ini bisa meliputi website, surel, berkas, dan basis data. Semua layanan ini berada dalam kondisi fisik dan logical yang terpisah sehingga meminimalisir kerusakaan atau kehilangan data.
  3. Sebagai File Server; Sebagai file server atau storage server dimana kita bisa menyimpan file dan data baik melalui ftp, maupun http.
  4. Sebagai Server Remote Desktop; Dimana kita bisa mengunduh dan mengunggah file secara remote, menjalankan aplikasi forex, bot/ robot & automation, spinner.
  5. Application Hosting; Application hosting dengan VPS memungkinkan untuk membangun custom mission critical software tanpa harus mengeluarkan biaya terlalu mahal. Melakukan outsource development aplikasi juga sudah menjadi trend untuk menghemat biaya sehingga investasi jauh lebih efisien.
  6. Test Environments; VPS juga membantu Anda untuk melakukan serangkaian development testing secara efisien, beberapa sistem operasi dan alamat IP publik dengan mudah bisa dilakukan, koneksi secara remote untuk reboot dan penggantian interface bisa dilakukan dengan cepat, sama seperti memiliki sebuah rak yang penuh dengan server testing.

Jika Anda memutuskan untuk membangun sebuah website atau blog untuk orientasi komersial, sangat disarankan untuk menggunakan VPS, karena VPS ini sangat membantu pekerjaan Anda dalam mengelola website yang Anda miliki, bahkan lebih dari satu website.

Khusunya bagi web developer yang memiliki domain dalam jumlah banyak tentu akan sangat membutuhkan kustomisasi untuk berbagai macam aplikasi yang digunakan.

Jenis-jenis VPS Berdasarkan Bentuk Virtualisasinya

Terdapat beberapa jenis VPS berdasarkan bentuk virtualisasi yang digunakan, yaitu:

  1. Open VZ; Adalah jenis virtualisasi VPS dalam level sistem operasi dan bekerja dalam shared kernel (berbagi kernel). Ini merupakan tipe VPS yang paling umum ditawarkan karena tingkat penggunaan sumberdayanya cukup rendah, tapi ini kemudian mendorong banyak perusahaan penyedia hosting menjualnya lebih dari batas yang seharusnya. Maka kemudian ada kemungkinan performa VPS Anda menjadi turun seiring banyaknya VPS yang dijual untuk node (server) yang digunakan. OpenVZ tidak bisa menggunakan OS Windows, jadi jika Anda ingin menggunakan Windows dalam VPS maka silakan gunakan VPS jenis KVM. OS yang ditawarkan umumnya adalah berbasis Linux.
  2. Kernel-based Virtual Machine (KVM); Yaitu jenis virtualisasi VPS dalam level kernel. Jadi, VPS Anda bisa berinteraksi langsung dengan hardwarenya. Ini merupakan salah satu kelebihan KVM dibanding OpenVZ yang harus berkomunikas melalui sistem operasi. Apabila Anda membutuhkan virtualisasi penuh maka KVM adalah pilihan yang tepat untuk Anda.
  3. Xen HVM; Hardware Virtual Machine adalah tipe virtualisasi dalam tingkat kernel, jadi mirip dengan KVM. Kelebihannya adalah virtualisasi hardware secara penuh dibanding OpenVZ dan didukung oleh perusahaan Xen. Umumnya kalangan korporasi lebih memilih teknologi virtualisasi ini dalam mengelola Virtual Machine-nya. Merupakan jenis full virtualization, maka Xen HVM bisa di install Windows. Dari segi popularitas, HVM merupakan teknologi ketiga terpopuler yang ditawarkan di internet.
  4. Microsoft Hyper-V; Merupakan jenis virtualisasi VPS yang paling cocok kalau Anda hanya berurusan dengan sistem operasi Windows. Sebaiknya Anda menggunakan Hyper-V untuk Windows apabila biaya bukan kendala bagi Anda. Bisa menginstall sistem operasi selain Windows seperti Linux, BSD atau Solaris. Tipe VPS ini cocok bagi developer yang ingin menyatukan pengelolaan semua Virtual Machine-nya dalam satu tempat. Apalagi control panel Hyper-V memiliki GUI (Graphical User Interface) yang dapat mempermudah Anda untuk menangani VM di server tersebut.

Jenis-jenis VPS Berdasarkan Pengelolaannya

Ada tiga macam tipe VPS berdasarkan pengelolannya.

  1. VPS Managed; VPS managed adalah sebuah layanan VPS yang mana pihak penyedia VPS bertanggung jawab untuk mengelola VPS tersebut untuk kepentingan penyewa. Karena pihak penyewa hanya tinggal pakai, maka jenis VPS ini umumnya memiliki harga sewa yang lebih mahal dibanding VPS Unmanaged.
  2. VPS Semi-managed; Tidak semua perusahaan web hosting menawarkan layanan VPS Semi-managed, tapi jika Anda memilih jenis VPS yang satu ini, maka VPS Semi-managed merupakan solusi bagi Anda yang tidak ingin terlalu repot tapi juga tidak ingin mengeluarkan biaya yang terlalu mahal.
  3. VPS Unmanaged; VPS Unmanaged adalah tipe VPS yang mana pengguna memiliki tanggung jawab untuk mengelola VPS yang disewanya secara mandiri. Jadi, pengguna bertanggung jawab untuk melakukan konfigurasi sendiri, menginstall sistem operasi, memonitor server, dll.

Manfaat VPS

Upgrade ke layanan VPS merupakan keputusan yang tepat untuk jangka panjang. Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan VPS:

1. Memiliki Kontrol Penuh

Berbeda dengan shared hosting, dengan menggunakan VPS maka Anda memiliki kendali penuh atas VPS Anda. Dengan shared hosting, website lain menggunakan semua sumber daya hosting yang bisa menyebabkan akses website Anda menjadi lambat.

2. Peningkatan Keamanan

Jika website Anda menyimpan informasi rahasia dari pelanggan, maka demi keamanan pelanggan Anda bisa beralih ke VPS. VPS dikenal lebih aman daripada jenis server lainnya karena website Anda hanya akan menggunakan satu server. Sistem ini meminimalisir risiko server Anda terinfeksi atau diretas oleh website lain. Jika ada masalah keamanan, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan tindakan penyelesaian.

3. Kecepatan Akses Tinggi

Agar website Anda mampu menduduki page one Google atau mesin pencari lainnya, maka website Anda harus dioptimalkan dari segi load time.

Setiap sekian detik website Anda lambat dimuat, hal ini sangat berpotensi membuat Anda kehilangan calon pelanggan karena pengunjung akan meninggalkan website Anda lebih cepat.

Layanan VPS andal akan memastikan website Anda selalu bisa diakses secara cepat, termasuk pada saat terjadi peningkatan traffic yang cukup signifikan.

4. Potensi Down Rendah

Karena dalam VPS Anda merupakan pengguna tunggal, maka potensi terjadi down sangat rendah. Website Anda akan memiliki uptime tinggi dan selalu dapat diakses secara normal.

5. Uptime Tinggi

Uptime adalah kebalikan dari downtime. Uptime adalah kondisi dimana website Anda bisa diakses karena tidak ada masalah dari sisi server. Sebaliknya, downtime adalah kondisi dimana website Anda dalam keadaan offline karena sedang terjadi kendala pada sisi server.

Agar tidak berpotensi membuat Anda kehilangan profit, maka perlu dipastikan bahwa server yang Anda gunakan memiliki uptime yang tinggi. Umunya perusahaan hosting memberikan garansi uptime 99.9%.

VPS Hosting

VPS hosting adalah sebuah layanan VPS yang dipergunakan untuk keperluan web hosting.

Orang beralih dari shared hosting ke VPS umumnya disebabkan shared hosting tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan sumberdaya website-nya.

VPS hosting adalah tipe layanan web hosting yang paling tepat untuk website dengan tingkat kunjungan tinggi di setiap harinya. Anda bisa memilih VPS Windows atau VPS Linux.

Intinya, website Anda membutuhkan sumberdaya yang tinggi seiring dengan meningkatkan pengunjung website Anda secara signifikan.

Kapan Perlu Menggunakan VPS?

Tidak semua website perlu menggunakan VPS. Kebutuhan sumberdaya yang tinggi merupakan kriteria website yang sudah membutuhkan VPS. Dan berikut ini sejumlah kondisi yang menggambarkan bahwa Anda sudah perlu beralih ke VPS.

1. Jika Shared Hosting Sudah Tak Mampu Mengakomodir

Ketika layanan shared hosting yang Anda gunakan sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan sumberdaya website Anda, misalkan sering lambat, down, atau ada gangguan teknis lainnya, maka saatnya bagi Anda untuk segera migrasi ke VPS agar peringkat website Anda tidak mengalami penurunan yang akan berimbas pada penurunan traffic.

2. Jika Ingin Mengembangkan Website Anda Menjadi Lebih Besar

Apabila Anda ingin mengembangkan website Anda menjadi lebih besar lagi, maka Anda wajib menggunakan Virtual Private Server. Sumberdaya yang ditawarkan shared hosting sangatlah terbatas, jadi Anda membutuhkan VPS yang notabene menawarkan sumberdaya yang jauh lebih besar.

3. Jika Ingin Mengelola Banyak Website

Serius menekuni bisnis online, kemungkinan besar akan mendorong Anda untuk membuat banyak website. Jika Anda ingin mengelola banyak website, maka Anda perlu menggunakan VPS. Memang banyak sekali penyedia web hosting yang menawarkan add-on domain unlimited pada paket shared hosting, tetapi tetap saja sumberdayanya terbatas sehingga Anda membutuhkan VPS agar tidak mengganggu perkembangan kesemua website Anda.

Tips Memilih VPS Terbaik

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih VPS hosting.

1. Sesuaikan Dengan Planning Anda

Pertama, Anda perlu pikirkan apa rencana Anda kedepan. Bisnis Anda butuh berkembang untuk bisa terus berjalan. Jadi, Anda perlu memperhitungkan bagaimana perkembangan website Anda dalam beberapa waktu kedepan.

Apakah website Anda membutuhkan sumberdaya yang sangat tinggi atau hanya setingkat diatas shared hosting. Ini akan membantu Anda untuk menentukan paket VPS hosting yang perlu Anda beli.

2. Sistem Operasi (Windows atau Linux?)

Perhatikan sistem operasi yang tersedia. Sistem operasi merupakan faktor penting yang perlu diketahui. Beberapa penyedia VPS hanya menyediakan salah satu OS, tetapi ada beberapa penyedia layanan VPS menyediakan kedua sistem operasi tersebut.

Jika keperluan Anda lebih ke Windows, maka Anda bisa memilih VPS Windows. Begitu juga sebaliknya. Dan dalam hal kebutuhan website hosting, umumnya pengguna banyak yang menggunakan VPS Linux.

3. CPU & RAM

Anda bisa menjalankan beberapa website dalam satu VPS. Dalam satu VPS Anda dapat menambahkan berapapun jumlah website atau blog. Namun, perlu diingat bahwa kapasitas CPU dan RAM pada sebuah server VPS ada batasannya.

Seberapa besar batasan ini tergantung paket yang Anda gunakan. Anda perlu menyesuaikan dengan ukuran sumberdaya yang diperlukan website Anda sebelum memilih paket VPS. Dan semakin tinggi paket VPS yang Anda pilih, maka semakin banyak pula website yang bisa ditambahkan tanpa mengalami overload.

4. Kapasitas Bandwidth

Pada umumnya penyedia layanan VPS Hosting akan menentukan batas penggunaan Bandwidth setiap bulannya. Jika penggunaan melebihi kapasitas yang telah ditentukan, maka kecepatan akses VPS menjadi berkurang.

Meskipun penggunaan bandwidth ini telah ditetapkan, namun pastikan Anda tidak perlu membayar untuk kelebihan bandwidth yang masih dalam ketegori penggunaan normal.

5. Kapasitas Penyimpanan

Saat ini ada dua tipe penyimpanan yang banyak ditawarkan, yaitu Hard Disk dan SSD (Solid-state Drive). Penyimpanan menggunakan hard disk biayanya lebih murah, tetapi akan lebih optimal jika menggunakan SSD.

SSD unggul dalam hal kecepatan. Selain itu, ketahanan dalam menangani masalah kegagalan power juga menjadi faktor positif menggunakan SSD sebagai media penyimpanan di VPS.

Memaksimalkan CPU dan RAM memang sangat penting, tetapi jika tidak didukung dengan media penyimpanan yang cepat untuk melayani proses data, maka hal tersebut menjadi tidak terlalu bermanfaat.

6. Standar Teknologi

Ketahui teknologi yang digunakan, termasuk didalamnya perangkat lunak apa saja yang didukung. Misalnya, versi kernel atau virtualisasi yang digunakan didalam VPS. Ini penting karena beberapa aplikasi ada yang tidak mendukung versi kernel tertentu atau harus menggunakan versi kernel terbaru.

7. Pilih Managed atau Unmanaged?

Bagian ini sudah dijelaskan diatas. Intinya, jika Anda ingin yang praktis alias tinggal pakai, maka Anda bisa memilih VPS Managed. Sementara itu, apabila Anda ingin yang lebih murah dan merasa bisa belajar mengelola VPS sendiri, maka Anda bisa memilih VPS Unmanaged. Dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir karena banyak sekali tutorial menggunakan VPS yang bisa Anda pelajari.

8. Support dari Perusahaan Penyedia

Berbagai masalah terkadang bisa terjadi. Tak jarang website atau sistem yang terinstall di VPS tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sudah mencoba untuk mengatasinya, tapi masih belum juga berhasil.

Untuk kasus semacam ini, sekalipun Anda menggunakan layanan VPS Unmanaged Anda tetap harus mendapatkan bantuan teknis dari penyedia VPS agar masalah Anda cepat terselesaikan. Oleh karena itu, penting untuk memilih penyedia VPS yang memiliki kepedulian lebih terhadap konsumen.

9. VPS dengan Harga Terbaik

Pertimbangan terakhir dalam memilih Virtual Private Server adalah mempertimbangkan soal harga. Seperti diketahui, harga VPS tidaklah murah, oleh sebab itu Anda perlu memilih penyedia VPS yang menawarkan harga termurah dikelasnya.

Faktanya, tidak semua layanan VPS murah berkualitas buruk. Begitu juga dengan yang berharga mahal, harga mahal tidak selalu memberikan kualitas terbaik.

Anda dapat membandingkan daftar harga VPS dari penyedia layanan VPS di Indonesia, amati berbagai hal dari aspek teknis, kemudian pilihlah perusahaan yang menawarkan harga VPS termurah dikelasnya dengan mutu layanan yang telah teruji.

Review & Rekomendasi VPS Terbaik Indonesia

Saat ini hampir semua peyedia hosting menawarkan layanan Virtual Private Server. Yang membedakan adalah kualitas, keamanan, pelayanan, dan harganya.

Anda tentu tidak ingin mengambil risiko dengan mempercayakan website Anda pada provider yang belum memiliki rekam jejak. Oleh sebab itu, Anda perlu menentukan pilihan secara tepat agar tidak membuat Anda merugi dikemudian hari.

Membangun website itu membutuhkan waktu, tenaga, pikiran, dan juga biaya. Anda perlu memilih layanan VPS dari perusahaan yang sudah memiliki reputasi agar Anda tidak dihadapkan pada berbagai risiko.

Berikut adalah rekomendasi VPS terbaik Indonesia yang dapat Anda pertimbangkan.

VPS Terbaik #1

1. VPS Hostinger

pilihan vps terbaik di Indonesia dengan harga murah

Hostinger Indonesia menawarkan layanan VPS murah berkualitas dengan benefits IP Dedicated, full root access, SSD disk, network 100 MB/s, IPv6 Support, dan bergaransi 30 hari.

Dari sisi reputasi, Hostinger merupakan perusahaan web hosting kenamaan yang telah teruji kualitasnya baik untuk layanan shared hosting maupun VPS hosting.

Hostinger menawarkan biaya sewa VPS termurah mulai Rp 50ribuan hingga Rp 400ribuan untuk paket VPS hosting paling tinggi. VPS Hostinger merupakan platform VPS hosting dengan kecepatan dan stabilitas yang maksimum.

Beberapa pertimbangan memilih VPS terbaik dari Hostinger

Berikut ini beberapa pertimbangan untuk memilih VPS yang ditawarkan Hostinger.

Ultimate Hardware & SSD Disk Drive

Hostinger menjamin penyediaan resource private server pada layanan cloud VPS yang mereka tawarkan. Mereka menjamin bahwa semua website klien akan selalu memiliki performa dan kecepatan yang optimal.

Pengguna bisa melakukan apapun dengan server dedicated canggih yang mereka siapkan. Hostinger menggunakan prosesor Intel Xeon terbaru, terabyte dari SSD disk space, dan RAM sebesar 12 GB per server. Server terbaru yang mereka miliki menyediakan jaminan power computing yang ultimate serta memiliki kecepatan yang sangat tinggi.

Kemudahan Control VPS

Berkat Control Panel VPS yang dirancang untuk memudahkan pengguna, Anda dapat mengelola dan mengontrol virtual server hanya dengan beberapa klik. Private server dapat dengan mudah Anda reboot, nonaktifkan atau Anda aktifkan.

Selain itu, web script baru atau OS apapun dapat Anda install. Bahkan, akses root kata sandi atau jejak statistik server dan resource VPS hosting dapat dirubah secara real time.

Top-level Enterprise Data Backup

Hostinger mengutamakan keamanan data klien. Snapshot backup virtual private server sangat mudah dibuat. Anda dapat melakukan backup dan merestore semua folder, file, dan database hanya dalam beberapa klik.

Cloud berbasis VPS dapat di restore kapan pun dalam beberapa detik, cukup dengan menggunakan Control Panel di VPS hosting Hostinger serta akses tingkat lanjut ke penyimpanan backup Anda. Data Anda akan tersimpan secara aman dengan teknologi cloud dan proteksi ganda RAID.

Dedicated IP (IPv4 & IPv6)

Hostinger menyediakan spesifikasi terbaik dengan kualitas unggul yang bisa didapatkan dengan biaya terjangkau. Salah satu fitur premium VPS Indonesia dari Hostinger adalah dedicated IP.

Lebih menyenangkan lagi, untuk paket VPS termurah sekalipun telah dilengkapi dengan protokol Internet IPv4 & IPv6 yang dedicated. Dengan menggunakan layanan VPS Hostinger, Anda bisa membuat fitur IPv4 mapping untuk koneksi port custom. Dengan memanfaatkan IP dedicated, semua script dan ekstensi Anda bisa dijalankan tanpa ada kendala apapun.

Dukungan Teknis Memuaskan

Anda dapat menggunakan live chat in-house yang dedicated untuk meminta bantuan kapanpun Anda membutuhkannya. Sekalipun Anda menggunakan VPS hosting Unmanaged, tim dukungan teknis Hostinger tetap bersedia membantu Anda. Ini adalah salah satu kemudahan yang belum tentu bisa Anda dapatkan pada provider lain.

VPS Terbaik #2

2. VPS Ardetamedia

alternatif vps terbaik di Indonesia dengan kualitas yang sudah teruji

Ardetamedia dibawa badan usaha resmi PT. Ardetamedia Global Komputindo merupakan penyedia web hosting profesional di Indonesia yang telah dipercaya ribuan klien dari berbagai latar belakang mulai blogger, webmaster, hingga web developer.

Selain menawarkan beragam pilihan paket shared hosting, perusahaan ini juga menawarkan layanan VPS Unmanaged dengan harga terjangkau. Saat ini Ardetamedia menawarkan 5 jenis paket VPS yang dapat dipilih klien sesuai kebutuhan mereka.

Jika kemudian Anda memilih VPS dari Ardetamedia, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan antara lain akses root, private name server, private IP, dan bisa membuat reseller. VPS Ardetamedia menawarkan kecepatan bandwidth connection hingga 1000 Mbps dengan spesifikasi server terbaru yang mereka miliki.

Beberapa pertimbangan memilih layanan VPS terbaik dari Ardetamedia

Berikut ini beberapa ulasan ringkas untuk memilih Virtual Private Server dari Ardetamedia.

Kecepatan Koneksi Bandwidth Tinggi

Bandwidth connection Ardetamedia cukup tinggi, hingga 1000 Mbps. Kecepatan tersebut sepertinya dirasa sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan data transfer situs Anda, meskipun dengan jumlah pengunjung cukup banyak di setiap harinya.

Kapasitas RAM Besar

Salah satu penentu load time cepat website Anda ditentukan oleh kapasitas RAM yang tersedia. VPS Ardetamedia menyediakan kapasitas RAM yang cukup besar. Bahkan, untuk paket VPS terendahnya pun dibekali RAM sebesar 2 GB.

Spesifikasi Server Tinggi

Untuk memberikan performa terbaik, server Ardetamedia memiliki spesifikasi yang tergolong tinggi. Untuk memenjaga performa dan stabilitas server, mereka menggunakan server terbaru, prosesor Dual Intel Xeon dengan dukungan RAM DDR3 Minimal 32 GB RAM serta menggunakan konfigurasi Hardisk Raid-50.

Memberikan Garansi Uptime 99.98%

Ardetamedia benar-benar memberikan garansi uptime 99.98% (SLA). Jika kemudian uptime server kurang dari garansi yang diberikan, maka Anda bisa mengajukan klaim kerugian dan Anda akan mendapat kompensasinya. Ini adalah salah satu kemudahan yang bisa didapat semua klien Ardetamedia.

VPS Terbaik #3

3. VPS DomaiNesia

pilihan vps terbaik dengan teknologi berbasis cloud

DomaiNesia merupakan salah satu penyedia layanan web hosting terbaik di Indonesia. Selain menyediakan WordPress Hosting, provider ini juga menawarkan layanan VPS dalam berbagai varian.

DomaiNesia menawarkan VPS dari harga terendah Rp 100.000 per bulan hingga peket VPS 24GB dengan kapasitas RAM mencapai 24 GB. Pilihannya sangat lengkap dan Anda bisa menyesuaikan dengan ukuran kebutuhan Anda.

Anda dapat memilih VPS Indonesia dengan sistem operasi Ubuntu, CentOS, atau Debian. Untuk paket VPS, saat ini DomaiNesia hanya menyediakan server IIX. Berbeda dengan layanan shared hosting dan WordPress hosting yang menyediakan lebih banyak pilihan server, yaitu server Indonesia, Server USA, server Singapore, dan server Tokyo.

Pertimbangan memilih VPS Terbaik yang disediakan DomaiNesia

Pertimbangan memilih VPS Domainesia antara lain sebagai berikut:

Perusahaan Penyedia VPS Terpercaya

Layanan hosting DomaiNesia sudah teruji dan perusahaan ini memiliki reputasi yang cukup baik. Sebagai salah satu perusahaan web hosting papan atas, DomaiNesia sangat memperhatikan kualitas layanan mereka, terlebih untuk layanan VPS.

Menggunakan SSD Berkecepatan Tinggi

Meskipun menawarkan baiya sewa yang terbilang murah, semua layanan Virtual Private Server DomaiNesia telah didukung teknologi terkini dan menggunakan Enterprise Solid State Drive (SSD) sebagai media penyimpanan.

VPS dengan Fasilitas Unlimited Bandwidth

Selain telah sepenuhnya mengaplikasikan teknologi SSD yang akan membuat performa website Anda menjadi lebih cepat, keuntungan lain yang bisa Anda dapat dengan menggunakan VPS terbaik yang ditawarkan DomaiNesia adalah Anda akan mendapatkan bandwidth unlimited sehingga website Anda akan senantiasa bisa diakses secara normal.

Cloud Backup & Data Restore

Fasilitas DomaiNesia yang juga sangat berguna adalah Cloud Backup untuk semua Hosting. Anda tidak perlu takut kehilangan data penting ketika salah melakukan konfigurasi. Mereka menjamin data website klien karena telah menggunakan teknologi backup data ke cloud. Setelah melakukan backup, Anda bisa melakukan restore secara mudah.

Sitem Proteksi Ekstra

Selain CloudFlare Railgun dan SSL, DomaiNesia juga memiliki Anti-virus, Anti-malware, dan BitNinja Security Protection untuk menjamin keamanan website klien. Untuk website berbasis WordPress, DomaiNesia juga memiliki WordPress Accelerator yang dapat mengoptimalkan performa website WordPress milik klien.

Menggunakan Virtualisasi KVM

DomaiNesia menggunakan bentuk virtualisasi penuh dengan KVM untuk efisiensi dan performa VPS yang optimal. Adapun untuk OS, pilihannya adalah Ubuntu, Debian, dan CentOS. Anda juga dapat menggunakan custom ISO Anda.

Pesan penutup

Pilihlah VPS terbaik sesuai kebutuhan Anda. Gunakan VPS dari perusahaan yang sudah memiliki rekam jejak yang telah teruji mutu layanannya agar Anda tidak dihadapkan dengan resiko layanan tidak berkualitas, tidak aman, atau kerugian lainnya.

Silakan sesuaikan juga dengan target visitor website Anda. Jika sebagian besar pengunjung website Anda berasal dari Indonesia, maka Anda bisa memilih VPS server Indonesia atau VPS Singapore. Sementara itu, jika visitor website Anda mayoritas berasal dari Amerika Serikat dan kawasan sekitarnya, maka pilihlah VPS server USA.

Semakin dekat lokasi server dengan pengunjung, maka semakin cepat pula waktu akses website Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *