Apa itu VPS?

Jika Anda sedang membutuhkan web hosting, maka salah satu pilihan yang bisa Anda ambil adalah Virtual Private Server atau yang lebih familiar disebut VPS. Anda dapat memilih layanan VPS terbaik dengan ukuran sumberdaya sebagaimana yang diperlukan website Anda.

Pengertian VPS

VPS adalah salah satu layanan web hosting yang sejauh ini paling banyak digunakan. Tipe hosting VPS menggunakan teknologi virtualisasi yang menyediakan sumberdaya dedicated di server meskipun sebenarnya digunakan lebih dari satu pengguna.

Hosting VPS merupakan pilihan yang lebih aman dan stabil dibanding shared hosting, karena pada layanan shared hosting Anda sama sekali tidak menggunakan ruang server yang sifatnya pribadi. Namun, harga shared hosting lebih murah dari VPS.

Umumnya VPS hosting disewa oleh pemilik website yang sudah memiliki traffic tinggi yang sudah tidak bisa diakomodir kebutuhan sumberdayanya oleh layanan shared hosting.

Kelebihan VPS

VPS memiliki sejumlah kelebihan dibanding shared hosting, antara lain sebagai berikut:

  • VPS lebih cepat dan stabil dibanding server shared hosting.
  • Pengguna VPS mendapatkan jaminan sumberdaya server, seperti memory atau processing power.
  • Kendala yang terjadi pada website lain tidak mempengaruhi website Anda karena setiap user memiliki sumberdaya dedicated.
  • Anda memperoleh akses superuser (root) ke server.
  • Privasi lebih terjamin karena file dan database tersimpan serta tersembunyi dari user server lain.
  • Mudah di-scale. Seiring dengan tumbuh berkembangnya website, Anda bisa dengan mudah mengupgrade resource server (RAM, CPU, disk space, bandwidth, dsb).

Kekurangan VPS

Selain memiliki kelebihan, VPS juga memiliki kekurangan, namun hal ini sebenarnya kembali pada penggunanya itu sendiri. Kekurangan VPS diantaranya adalah:

  • Harga lebih mahal dari shared hosting
  • Jika menggunakan VPS Unmanaged, Anda perlu memahami teknis pengoperasian VPS.

Kapan Perlu Menggunakan VPS?

Anda perlu menggunakan VPS ketika Anda mendapati jumlah pengunjung website Anda sudah tergolong cukup tinggi yang sudah tidak mampu dipenuhi oleh layanan shared hosting.

Misalkan pengunjung harian website Anda sudah berada diangka ribuan, dan Anda mendapati waktu akses website Anda sudah mulai lambat, maka pada kondisi ini sebaiknya Anda beralih ke layanan VPS karena menawarkan sumberdaya yang lebih tinggi sehingga website Anda tetap bisa diakses secara normal.

Pilih VPS Managed atau Unmanaged?

Anda ingin yang praktis atau yang lebih ekonomis? Jika Anda ingin yang tinggal pakai namun dengan biaya yang lebih mahal, maka Anda bisa memilih VPS Managed.

Sementara itu, apabila Anda bersedia melakukan set-up sendiri dengan biaya yang lebih terjangkau, maka Anda bisa memilih VPS Unmanaged. Anda bisa belajar cara menggunakan VPS, banyak sekali referensinya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *