Orang membuat blog dengan tujuan yang beragam, mulai hanya sekedar iseng, ingin berbagi, dan juga untuk tujuan mendapatkan uang dari blog.

Mendapatkan penghasilan dari blog bukanlah satu hal yang baru. Bahkan, banyak orang yang rela meninggalkan pekerjaan mapan demi terjun ke dunia blogging secara total.

Namun, sepertinya tidak sedikit yang salah menafsirkan realitas menghasilkan uang dari internet itu seperti apa. Ini perlu Anda pahami jika Anda berniat membuat blog dan bisa menghasilkan uang darinya.

Mendapatkan penghasilan dari blog itu membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Anda tidak bisa merealisasikannya hanya dalam hitungan 1-2 bulan. Anda perlu membangunnya dari awal baru kemudian bisa menikmati hasilnya.

Cara Membuat Blog yang Bisa Menghasilkan Uang

Jika Anda serius ingin mendapatkan penghasilan dari internet dengan bermodalkan blog, silakan disimak kiat membangun blog dan mendapatkan penghasilan darinya seperti dijelaskan berikut ini.

1. Pahami Apa itu Blog?

Pertama, Anda perlu memahami apa itu blog dari segi hakikatnya. Ini penting, karena tanpa memahami hakikat dari blog itu sendiri, maka Anda bisa salah arah.

Blog tidak lain adalah salah satu jenis media, atau lebih tepatnya sebuah media online. Blog umumnya berisi kumpulan artikel berbagai topik sesuai minat pemiliknya.

Internet berisi banyak informasi, dan dari sekian banyak informasi yang ditemukan di internet sebagian darinya adalah informasi yang ditulis oleh seorang blogger dalam blognya.

Misalkan Anda menulis artikel tentang “cara memulai ngeblog“, kemudian artikel tersebut berhasil masuk halaman pertama pencarian mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, dll), maka selanjutnya orang yang mencari topik tersebut akan menemukan artikel Anda.

Orang Anda arahkan untuk mengunjungi blog Anda melalui artikel yang Anda tulis di blog milik Anda. Jika kemudian blog Anda memiliki banyak pengunjung, maka dari sinilah Anda bisa menghasilkan uang dari blog.

Caranya bagaimana?

Banyak sekali pilihannya, mulai dengan memasang iklan melalui pihak ketiga, memasang iklan perusahaan tertentu dengan menjalin kesepakatan kerjasama, menjual produk sendiri atau milik orang lain, dan lain sebagainya.

2. Tentukan Topik Blog

Setelah Anda paham apa itu blog dan bagaimana sebuah blog bisa menghasilkan uang, langkah selanjutnya adalah menentukan topik blog yang akan Anda buat.

Mengapa menentukan topik diawal itu sangat penting?

Ini adalah sebuah persiapan. Dengan sudah memilih topik diawal, maka ini akan mempermudah perjalanan ngeblog Anda kedepan. Anda bisa fokus mengembangkan blog Anda tanpa harus memikirkan topik yang akan menjadi jati diri blog Anda.

Bagi seorang pemula, bahkan untuk seorang expert sekalipun, memilih topik blog yang tepat adalah menyesuaikan dengan keahlian atau obsesi Anda.

Misalkan Anda jago masak, Anda bisa memilih topik seputar kuliner. Atau jika Anda punya obsesi tinggi pada smartphone, maka Anda bisa memilih topik seputar smartphone.

Dengan memilih topik sesuai keahlian atau obsesi, hal ini akan membuat Anda menjadi lebih produktif karena Anda bisa menulis dengan passion yang lebih tinggi.

Bayangkan Anda harus menulis artikel tentang suatu hal yang tidak Anda sukai, apakah Anda bisa menikmatinya? Tentu saja tidak.

Keuntungan lain dari memilih topik sesuai keahlian adalah akan selalu menumbuhkan semangat ngeblog Anda. Anda tidak akan mudah jenuh. Ingat, proses menghasilkan uang dari blog itu cukup panjang, jadi Anda tidak boleh kehilangan motivasi ditengah jalan.

3. Tentukan Platform Blog

Pilihan platform blog ada banyak sekali. Dan karena dalam hal ini orientasinya adalah untuk jangka panjang dan menghasilkan profit, maka menurut saya pilihan terbaik adalah menggunakan platform WordPress berbayar.

WordPress ada dua macam, yakni WordPress.com yang sepenuhnya gratis, dan WordPress.org yang mengharuskan Anda untuk menyewa layanan web hosting dan membeli nama domain.

Jika Anda memilih WordPress.com, maka ruang untuk menguangkan blog Anda cukup terbatas, maka pilihan yang paling tepat adalah WordPress berbayar. Berbayar yang dimaksudkan disini adalah mengharuskan Anda untuk menyiapkan hosting dan domain sendiri, bukan penggunaan WordPress-nya yang berbayar. Untuk penggunaan CMS WordPress tetap sepenuhnya gratis.

4. Memilih Web Hosting & Domain

Katanya membuat blog yang menghasilkan uang tidak harus mengeluarkan uang, kok ini belum apa-apa sudah harus keluar uang?

Jika Anda menginginkan yang 100% gratis, maka potensi blog Anda untuk menghasilkan uang menjadi sangat terbatas. Makanya pilihan bijaknya adalah dengan mengeluarkan sejumlah biaya, apalagi biaya untuk membeli domain dan menyewa web hosting juga tidaklah terlalu mahal.

Dengan memilih platform yang tepat, yaitu WordPress berbayar, maka masa depan blog dan bisnis online Anda menjadi semakin lebih tampak. Nantinya Anda akan memiliki kebebasan dan kesan profesionalitasnya juga kian menjual.

Berapa modal yang harus dikeluarkan untuk menyewa layanan hosting dan registrasi domain?

Jawabannya tergantung di perusahaan mana Anda membelinya. Namun, umumnya biaya sewa web hosting Indonesia berkisar antara Rp 10ribu – Rp 35ribu untuk paket hosting basic. Anda cukup menggunakan web hosting basic terlebih dulu, kedepannya Anda bisa upgrade ke VPS jika traffic blog Anda sudah sangat tinggi. Sementara untuk harga domain tergantung ekstensi yang akan Anda pilih.

Jika Anda memilih ekstensi dot com, harganya berkisar antara Rp 110ribu – Rp 140ribu. Untuk ekstensi dot web dot id, harganya berkisar antara Rp 55ribu – Rp 70ribu.

Dimana saya bisa membeli domain dan web hosting?

Diluar sana ada banyak sekali perusahaan penyedia layanan web hosting dan domain, Anda bebas memilih. Namun, pastikan Anda memilih penyedia yang memiliki reputasi baik karena reputasi merupakan cerminan kualitas.

Adapun rekomendasi saya adalah Niagahoster dan IDwebhost. Keduanya merupakan perusahaan penyedia web hosting terbaik dan registrasi domain terpercaya di Indonesia.

Selain itu, keduanya juga menawarkan domain gratis untuk pembelian paket hosting tertentu. Artinya, Anda bisa sedikit berhemat karena tidak perlu membeli nama domain secara terpisah.

Silakan kunjugi website Niagahoster atau IDwebhost untuk order web hosting.

5. Membuat Blog

Setelah sejumlah syarat diatas telah terpenuhi, selanjutnya adalah memulai langkah pembuatan blog.

Berikut ini dijelaskan cara membuat blog di WordPress dengan hosting sendiri.

Tidak perlu khawatir, sekalipun Anda tidak memiliki pengalaman sama sekali, Anda tidak akan menemui kesulitan apapun. Membuat blog di WordPress sangat mudah, hanya membutuhkan beberapa menit.

Cara Install WordPress Lewat cPanel

  • Yang dimaksud dengan menginstall WordPress adalah membuat blog dengan menggunakan CMS WordPress.
  • Sebelum memulai proses instalasi WordPress melalui cPanel hosting, pastikan akun hosting dan nana domain Anda sudah aktif. Jika akun hosting dan nama domain Anda sudah aktif, berikut ini panduan install WordPress lewat cPanel.

Silakan login ke cPanel hosting

Ketik: namadomainanda.web.id/cpanel (Ganti namadomainanda.web.id dengan nama domain milik Anda)

Masukkan username dan password cPanel Anda. Info username dan password bisa Anda lihat pada email yang Anda gunakan saat membeli hosting.

Sesampainya di dashboard cPanel, silakan geser halaman kebawah, dan temukan menu Softaculous, lalu klik Script WordPress.

Klik tombol Install Now dan akan muncul jendela halaman instalasi WordPress seperti gambar dibawah ini.

Berikut yang perlu Anda isikan pada halaman instalasi WordPress

Software Setup

  • Choose Protocol: Pilih http:// atau http://www.
  • Choose Domain: Pilih domain yang akan Anda install WordPress
  • In Directory: Biarkan kosong

Site Settings

  • Site Name: Ketikkan nama blog Anda
  • Site Description: Masukkan deskripsi blog Anda
  • Enable Multisite (WPMU): Tidak perlu dicentang

Admin Account

  • Admin Username: Masukkan nama admin (bisa menggunakan nama Anda)
  • Admin Password: Masukkan password WordPress (bisa pilih kombinasi huruf dan angka)
  • Admin Email: Biarkan default (tidak perlu dirubah)

Choose Language

  • Select Language: Pilih bahasa antarmuka WordPress (bisa pilih English atau Indonesia)
  • Untuk bidang lainnya, biarkan seperti sedia kala.

Selanjutnya, klik tombol Install untuk memulai proses instalasi WordPress di domain Anda.

Instalasi WordPress di domain Anda akan berlangsung selama beberapa detik.

Selanjutnya Anda akan diarahkan pada sebuah halaman yang berisi penjelasan bahwa proses instalasi WordPress telah berhasil. Sampai disini blog WordPress Anda sudah jadi, Anda bisa login ke dashboard WordPress untuk mulai mengelola blog WordPress Anda.

Cara Masuk ke WordPress

Untuk masuk ke dashboard WordPress, silakan ketikkan namabloganda.web.id/wp-admin di address bar browser. (Ganti namabloganda.web.id dengan nama domain Anda)

Masukkan username atau email sebagaimana pada saat proses instalasi WordPress sebelumnya, kemudian klik tombol Log In.

Gambar diatas merupakan tampilan antarmuka WordPress. Dari halaman dashboard WordPress ini Anda bisa memulai pengelolaan blog Anda, mulai mengganti theme, menambahkan widget, mengatur struktur permalink atau bisa langsung memposting artikel.

  • Post >> Ad New: Untuk memposting artikel baru.
  • Media: Untuk menambahkan media seperti gambar.
  • Appearance: Untuk mengganti theme atau template blog, menambahkan widget, menambahkan menu, atau mengkustomisasi tampilan blog WordPress Anda.

Konsep Mendapatkan Penghasilan dari Blog

Ok, sampai disini blog Anda sudah rampung dibuat, dan saya akan lanjutkan dengan konsep untuk menghasilkan uang dari blog.

Sampai pada tahapan ini Anda perlu meluangkan banyak waktu untuk mengelola blog Anda. Tujuannya agar blog Anda segera memiliki traffic (pengunjung).

Apa yang harus Anda kerjakan agar blog Anda segera mendapatkan banyak pengunjung?

Disini perlu dicatat, membangun traffic blog itu membutuhkan waktu dan kesabaran. Untuk blog baru, Anda tidak bisa mendatangkan traffic hanya dalam hitungan waktu 1-2 bulan. Anda butuh waktu lebih lama.

Lalu seberapa lama?

Tergantung topik yang Anda pilih. Jika topik atau niche blog Anda memiliki tingkat persaingan rendah, maka dalam 3 bulan kedepan traffic blog Anda akan mulai memperlihatkan pertumbuhan. Namun, tentunya dengan catatan Anda rajin memposting artikel.

Sementara itu, jika topik yang Anda pilih memiliki tingkat persaingan tinggi, maka akan membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk mendatangkan traffic. Bisa 5 bulan, 6 bulan, atau bahkan lebih dari 8 bulan.

Contoh topik blog yang memiliki tingkat persaingan tinggi:

  1. Web hosting
  2. Domain
  3. Asuransi

Contoh topik blog yang memiliki tingkat persaingan rendah:

  1. Pendidikan
  2. Seni
  3. Kuliner
  4. Pertanian
  5. Hiburan

Catatan:

Anda tidak perlu terlalu terbebani dengan level persaingan suatu topik. Selain dipengaruhi tingkat kompetisi, volume traffic pastinya juga ditentukan oleh besaran jumlah pencariannya. Artinya, meskipun secara kebetulan topik yang Anda pilih (sesuai minat) memiliki tingkat persaingan tinggi, namun jika jumlah pencariannya juga tinggi, maka peluang blog Anda untuk mendapatkan traffic tinggi juga tetap besar. Hanya saja waktu yang dibutuhkan biasanya sedikit lebih lama.

Tips Meningkatkan Pengunjung Blog

Tidak lain tidak bukan, modal untuk mendapatkan uang dari blog adalah traffic. Bayangkan Anda memasang iklan di blog, lalu iklan tersebut tidak mendapat klik atau impresi, tentu tidak ada penghasilan yang akan Anda dapat. Karenanya, Anda perlu meningkatkan pengunjung blog Anda.

Tentu ada banyak sekali cara untuk meningkatkan visitor blog, namun disini saya akan jabarkan konsep meningkatkan pengujung blog yang benar-benar akan memberikan hasil dan berkelanjutan.

Berikut beberapa cara untuk membangun traffic blog mulai awal sampai blog Anda nantinya memiliki taffic tinggi.

1. Posting Artikel Berkualitas

Artikel berkualitas adalah modal paling penting untuk meningkatkan pengunjung blog. Orang mengujungi blog Anda sudah pasti karena ingin menemukan informasi yang dibutuhkannya. Anda perlu menulis artikel bermutu yang memberikan solusi kepada pembaca.

Mesin pencari seperti Google dapat mengenali artikel berkualitas dan sebaliknya. Buatlah artikel dengan kandungan kata minimal sebanyak 500 kata. Namun jangan hanya padat kata, tapi pastikan artikel yang Anda tulis memang memiliki nilai lebih untuk pembaca.

Untuk blog baru, usahakan untuk lebih produktif. Anda bisa memposting 1 artikel per hari, atau minimal 1 artikel per 3 hari. Fokuslah menulis artikel sesuai dengan tema yang Anda usung.

2. Optimasi SEO

SEO (Search Engine Optimization) atau optimasi mesin pencari adalah sebuah usaha untuk mengoptimalkan suatu blog agar bisa mendapat peringkat bagus di hasil penelusuran mesin pencari.

Secara umum SEO terbagi menjadi dua macam, yaitu SEO on-page dan SEO off-page. Sama-sama memberikan efek pada blog Anda, tapi SEO on-page memberikan dampak yang lebih besar.

SEO on-page adalah sebuah tata-kelola (pengoptimalan) yang dilakukan dalam lingkup blog itu sendiri. Contoh praktik SEO on-page antara lain meningkatkan kecepatan loading blog, memposting artikel berkualitas, menghapus broken link, dll.

SEO off-page adalah suatu upaya optimasi yang dilakukan diluar lingkup blog. Contoh dari praktik SEO off-page adalah membangun backlink, atau memperkenalkan blog Anda ke teman-teman Anda melalui situs sosial media.

3. Sebarkan Artikel di Sosial Media

Setidaknya ada dua keuntungan yang bisa Anda dapat dengan menyebarkan artikel Anda di sosial media. Pertama, Anda akan mendapatkan direct traffic. Dan yang kedua adalah blog Anda akan mendapatkan backlink.

Apa itu backlink?

Backlink atau tautan balik adalah sebuah link yang didapat dari website lain. Misalkan Anda menaruh link blog Anda di Twitter, maka blog Anda akan mendapatkan backlink dari Twitter.

Backlink dapat diibaratkan sebagai sebuah vote. Semakin banyak vote yang didapat blog Anda, maka semakin baik pula reputasi blog Anda, sehingga berpotensi untuk memiliki peringkat bagus di hasil penelusuran mesin pencari.

Namun demikian, tidak semua backlink memberikan dampak bagus untuk blog Anda. Jika mayoritas backlink yang didapat blog Anda berupa backlink tidak berkualitas, maka backlink-backlink tersebut tidak akan banyak membantu, atau bahkan akan memberikan imbas buruk.

Contoh backlink yang tidak berkualitas adalah backlink yang didapat dari situs yang tidak bermutu. Contoh backlink tidak bermutu lainnya adalah backlink yang didapat dengan cara melakukan spam.

Adapun backlink berkualitas adalah backlink yang didapat dari website yang memiliki authority tinggi atau backlink dari website maupun blog yang memiliki relevansi topik dengan blog Anda.

4. Berikan Apa yang Dibutuhkan Pengunjung

Tidak sebatas menulis artikel berkualitas, tapi Anda juga bisa menawarkan sesuatu yang dibutuhkan pengunjung blog Anda sehingga mereka akan merasa tertarik untuk kembali mengunjungi blog Anda.

Selain informasi yang Anda kemas dalam bentuk artikel, pahami hal-hal lain yang mungkin dibutuhkan atau diminati pengunjung blog Anda. Berikan hal tersebut kepada mereka, dan dari sini mereka akan senantiasa merasa terdorong untuk mengujungi blog Anda secara rutin.

Selain itu, Anda juga bisa memasang widget langganan artikel melalui email. Para pengunjung yang telah mendaftar akan mendapatkan notifikasi ketika Anda memposting artikel baru. Jika mereka tertarik dengan konten yang Anda tawarkan, mereka akan membaca konten tersebut.

5. Jangan Stop Ditengah Jalan

Tahukah Anda bahwa sebagian besar blogger pemula menuai kegagalan karena mereka merasa putus asa dan berhenti ditengah jalan.

Apa penyebabnya?

Mereka mendengar dan membaca bahwa blog itu bisa menghasilkan banyak uang, lantas mereka memiliki keinginan yang menggebu-nggebu untuk membuat blog sehingga bisa ikut menghasilkan uang pula.

Ada yang mereka tidak pahami. Mereka beranggapan menghasilkan uang dari blog itu bisa diwujudkan dengan begitu cepat. Padahal, ada teknis dan tahapannya. Dan itu luput dari pemahaman mereka karena keinginan untuk mendapatkan uang yang begitu kuat.

Jangan berhenti ditengah jalan!

Jika Anda rajin memposting artikel berkulitas, dan tidak ada masalah serius pada blog Anda (loading sangat lambat, sulit diakses, banyak link error), maka mendapatkan traffic hanya soal waktu.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Sampai fase ini, saya anggap blog Anda sudah memiliki pengunjung sehingga blog Anda sudah siap untuk di monetisasi atau diuangkan.

Ketika blog Anda sudah memiliki pengunjung, maka sebenarnya banyak cara yang bisa Anda pilih untuk mulai menguangkan blog Anda. Adapun salah satu cara mendapatkan uang dari blog yang paling mudah dan umum adalah mendapatkan uang dengan menjadi penerbit iklan melalui jaringan publisher Google AdSense.

Google AdSense adalah sebuah jaringan periklanan online berbasis kontekstual. Model periklanan yang mereka tawarkan adalah PPC (Pay Per Click), Anda akan dibayar sesuai jumlah klik yang didapat. Adapun untuk harga per kliknya bervariasi, tergantung banyak faktor, termasuk faktor kualitas artikel.

Tips Daftar Google AdSense Agar Diterima

Tidak semua blog bisa diterima AdSense. Blog yang akan di approve AdSense adalah blog yang memiliki kualitas. Namun, jika Anda membuat blog dengan konsep sebagaimana yang saya ulas dalam posting ini, maka seharunya blog Anda akan mudah di approve.

Berikut tips untuk mendaftar AdSense agar di approve:

  • Pastikan artikel di blog Anda berkualitas
  • Gunakan theme yang memiliki struktur bagus
  • Atur menu navigasi yang memudahkan pengunjung
  • Pastikan tidak ada konten yang melanggar Syarat & Kebijakan Google AdSense, seperti konten untuk orang dewasa, konten ilegal, dan konten yang melanggar hak cipta.
  • Jika pendaftaran ditolak, baca dengan SEKSAMA masalah yang dijelaskan dalam email. Kemudian, silakan lakukan perbaikan lalu daftarkan kembali blog Anda.

Mungkin banyak yang beranggapan mendaftar Google AdSense itu sulit. Sebenarnya mudah, hanya saja kita perlu memperhatikan poin inti dari syarat dan kebijakan program AdSense itu sendiri.

Dan sampai disini, saya asumsikan blog Anda sudah mulai menghasilkan uang dari Google AdSense.

Adakah alternatif AdSense?

Banyak. Anda juga bisa memasang iklan PropellerAds, yaitu sebuah jaringan periklanan oline yang menawarkan berbagai format iklan mulai pop-under, native ads, dan direct ads.

Model iklan PropellerAds adalah berbasis CPM (Cost Per Mile), Anda akan mendapatkan penghasilan berdasarkan 1000 impresi. Jika iklan PropellerAds yang Anda pasang di blog Anda sudah mencapai 1000 impresi, maka Anda akan mendapatkan penghasilan dengan rate CPM yang berkisar antara $0.35 – $1, tergantung tema blog Anda dan geografi pengujung.

Klik disini untuk mendaftar akun publisher PropellerAds.

Dibanding AdSense, pendaftaran PropellerAds adalah auto-approve. Perdaftaran Anda akan langsung disetujui, namun selanjutnya Anda perlu mendaftarkan blog yang ingin Anda pasangi iklan.

Poin Penutup

Mendapatkan uang dari blog adalah sebuah hal yang sangat realistis, dan siapapun bisa melakukannya. Namun, yang perlu jadi catatan adalah hal tersebut membutuhkan waktu dan proses.

Jika kita mengikuti prosesnya secara tepat, maka kedepannya kita akan memiliki blog yang bisa menghasilkan uang. Sementara itu, jika kita memilih stop ditengah jalan atau tetap berlanjut namun dengan konsep ngeblog yang salah, maka kita hanya akan menghabiskan waktu tanpa bisa mendapatkan profit.

Berapa rupiah pun yang ingin Anda dapatkan, ngeblog tidak menawarkan cara mendapatkan uang secara instan. Ada proses dan tahapan-tahapannya.

Jika Anda serius ingin mendapatkan penghasilan dari blog secara berkelanjutan, maka cintai pekerjaan ini, kerjakan dengan sepenuh hati, sabar, dan nikmati hasil akhirnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *